oleh

Biddokes Polda Sulsel Gelar Sosialisasi DVI di Polres Sinjai

Sinjai – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulsel menggelar sosialisasi Disaster Victim Identification /Identifikasi Korban Bencana (DVI), di Aula Parama Satwika Mapolres Sinjai. Kamis pagi (24/3/2022).

Tim sosialisasi dipimpin oleh Kaur DVI Biddokkes Polda Sulsel Akp Abd. Rahman, SH.,S.KM.,M.AP berteman lima orang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kapolres Sinjai yang diwakili Waka Polres Sinjai Kompol Joko Sutrisno diikuti beberapa peserta diantaranya personel Polres Sinjai, Polres Bulukumba, Selain itu dari instansi terkait yakni BPBD,Dishub, Dinas Sosial, Satpol dan Damkar, Dinkes dan PMI Cabang Sinjai.

Dalam sambutannya, Wakapolres Sinjai menyampaikan selamat datang tim sosialisasi DVI dari Biddokkes Polda Sulsel diPolres Sinjai, Sosialisasi ini sangat penting dilaksanakan mengingat, Sulawesi Selatan khususnya wilayah Kabupaten Sinjai rawan terjadinya bencana, akan tetapi kita berdoa bersama mudah- mudahan tidak ada bencana. Ucapnya.

“Sosialisasi ini sangat penting. Demi menyamakan presepsi dan tindakan dalam penanganan risiko bencana alam, mudah-mudahan sosialisasi bermanfaat dan berguna jika terjadi bencana,” Ujarnya.

Di samping itu, kegiatan ini bertujuan mempersiapkan petugas, agar pada saat terjadi bencana, korban – korban tersebut masih dapat diidentifikasikan secara baik.

“Korban harus diidentifikasi, karena sudah tugas kita memuliakan hak – hak manusia. Demi kepentingan tindak lanjutnya, seperti kegiatan keagamaan dan asuransi,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim DVI Akp Abd. Rahman, SH.,S.KM.,M.AP mengharapkan dalam penanganan bencana perlu menyamakan presepsi, saling bekerjasama mengurangi risiko bencana didaerah masing-masing, DVI mempunyai peranan penting dalam upaya penegakan hukum dan kemanusiaan identifikasi korban bencana. Tutupnya.

Komentar

Terbaru