oleh

Longsor di Sejumlah Titik, Bupati Sinjai Perintahkan Kerahkan Alat Berat

Sinjai.Inforestorasi. Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sinjai pada Jumat (11/02/2022) sore mengakibatkan  longsor di sejumlah titik di kecamatan Sinjai Tengah dan Sinjai Selatan.

Mendengar informasi kejadian longsor tersebut, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera melakukan upaya evakuasi dan penyelematan dan berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk mendatangkan alat berat guna melakukan pembersihan material longsor.

Hal itu diungkapkan Kepala BPBD, Budiaman yang ditemui pada lokasi longsor terparah di Dusun Bua Desa Baru Kecamatan Sinjai Tengah.

Menurut Budiaman yang didampingi 2 (dua) pejabat BPBD lainnya, Andi Octave Amier dan Ambo Rappe, bahwa dirinya mendapat laporan kejadian dari Camat Sinjai Tengah, kemudian Bapak Bupati memerintahkan saya untuk segera berkoordinasi dengan Dinas PUPR guna mendatangkan alat berat di lokasi kejadian.

Dengan arahan Bapak Bupati itu, Dinas PUPR pun mendatangkan alat berat ke lokasi untuk membersihkan material longsor yang terdiri dari sejumlah pohon besar dan tanah dengan ketebalan mencapai 10 meter yang menutup badan jalan sepanjang 30 meter.

Pada kejadian ini selain terdampak pada dua buah rumah warga, juga menimbun sedikitnya 20 pohon tanaman cengkeh produktif, jelas Budiaman.

Sementara titik longsor lainnya terjadi di Dusun Haru Desa Saotanre Kecamatan Sinjai Tengah yang mengakibat sebuah bongkahan batu besar dengan panjang 5 meter lebar 4 meter dan tinggi 2,5 meter utuh tergelincir dari ketinggian 100 meter dan menutup jalan yang menghubungkan Dusun Haru dan Dusun Halimping.

Dalam kejadian ini, juga dilaporkan adanya korban ternak sapi milik warga yang mati tertimbun longsor sebanyak 3 ekor disamping sejumlah pohon tanaman produktif warga yang rusak dan terbawa longsor. Terang Budiaman.

Sedangkan kejadian longsor lainnya yang dipantau langsung oleh Kepala BPBD berada pada Dusun Halimping Desa Saotanre, meskipun pada lokasi ini telah dilakukan pembersihan material melalui kerja bakti warga, sehingga jalan sudah terbuka kembali dan sudah dapat dilalui kendaraan roda empat namun harus tetap berhati-hati karena sangat licin.

Kejadian longsor pada waktu yang bersamaan juga menimpa Dusun Saukang Desa Saotanre Kecamatan Sinjai Tengah yang material longsornya menerpa rumah warga dan telah dibersihkan oleh pemilik rumah.

Dari kejadian ini, Kepala BPBD Budiaman meminta warga pemilik rumah di Dusun Bua Desa Baru Atas nama Hamira untuk mengungsi ke rumah keluarga terdekat, begitu pula dengan puang Sitti di Dusun Saukang juga diimbau untuk mengungsi.

Kepada warga terdampak, Dinas Sosial melalui posko Kawasan Siaga Bencana (KSB) telah menyalurkan bantuan logistik kepada korban dan bantuan dari Bupati Sinjai yang   diserahkan oleh Kepala BPBD terhadap korban di Dusun Saukang.

Dalam kesempatan itu, Budiaman yang juga didampingi Ketua BPD Saotanre, Sudirman dan Sekdes Saotanre, Zainal Abidin mengingatkan warga agar tetap waspada dengan potensi hujan deras yang dapat berakibat terjadinya longsor susulan, Bapak Bupati mengingatkan utamakan keselamatan jiwa warga dari setiap ancaman dan kejadian bencana, tegasnya.

Komentar

Terbaru