oleh

Meski Beragama Hindu, Mahasiswi Kedokteran Ini Tetap Berhijab Selama 5 Tahun Lebih

MAKASSAR, inforestorasi.com – Mengenakan hijab atau kerudung identik dengan perempuan pemeluk agama Islam. Namun, lain halnya dengan Ayu Masnathasari yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Perempuan kelahiran Kabupaten Takalar ini ternyata beragama Hindu.

Selama 5,8 tahun, Ayu mengenakan jilbab di dalam lingkungan kampus sebagaimana mahasiswi lainnya yang juga mengenakan hijab dan berpakaian tertutup.

Meskipun ia beragama Hindu, Ayu tidak keberatan untuk mengikuti semua aturan yang berlaku di kampusnya. Ia bahkan mengaku tidak merasa dipaksa mengenakan jilbab karena sudah menjadi aturan di UMI.

“Tidak mudah pak, tapi jadinya saya setiap hari banyak belajar. Lebih siap diri saja. Setiap hari ada tantangan baru. Apalagi besok,” kata Ayu dalam video wawancara dengan Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI Zakir Sabhara, Kamis (17/09/2020).

Sementara Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI, Zakir Sabhara yang bertemu dengan Ayu mengaku bangga meskipun beragama Hindu, Ayu tetap nyaman belajar sampai lulus menjadi seorang dokter.

“Ini anak kerennya kedokteran. Pertama kalinya di kedokteran mahasiswa Agama Hindu,” kata Zakir.

Zakir juga mengatakan, kejadian ini harus menjadi pelajaran. Meski berbeda agama, suku, ras, dan golongan, rasa ke-Indonesia-an harus tetap dijaga.

Sekedar diketahui, Ayu telah menyelesaikan program profesi dokternya di Fakultas Kedokteran UMI Makassar setelah menempuh pendidikan selama 5,8 tahun. (AP).

Komentar

Terbaru